Cerita Skoliosisku

Awalnya gue gak nyangka, kehidupan gue berlalu begitu cepat. Bayangkan saja, lima tahun gue terdiagnosa skoliosis. Enam kali vonis operasi, tetapi berbagai kendala gue lalui. Dari mulai kondisi fisik, usia, dan biaya. Lo semua tahu gak? Biaya operasi skoliosis itu luar biasaaaa!!! Gue masih inget pas vonis tahun 2012.. saat itu belum ada fasilitas BPJS, gue pun gak punya fasilitas JAMKESMAS atau lainnya. Waktu itu dokter minta “Pak tolong siapin uang sekitar 100Juta” 2012 gais… itu awal gue mengurunkan niat buat operasi, selain itu.. waktu itu ada bagian tulang rib gue yang remuk akibat jatoh dari kursi pas lagi nulis Blog lama gue, terus saat itu usia gue baru aja 14 tahun. Jadi masih dalam masa pertumbuhan. Akhirnya gue mutusin buat pake BRACE “penyangga tulang belakang”. Rasanya kesiksa banget, awal gue pake Brace, gue gabisa tidur, gabisa duduk, kaku dan kesakitan sampe harus nangis selama 1minggu Full. Sampe akhirnya gue bersahabat dengan Brace, gue namain Brace gue HURU-HARA. Haha… itu temen gue sofi yang namain. Abisnya gue kaya yang mau perang aja, kemana-mana pake senjata pelindung. 23jam sehari dan boleh dilepas Cuma pas gue ngejalanin kewajiban shalat, streaching,renang sama mandi aja. Susah senang gue lalui bareng huru-hara.
Susahnya ya, huru-hara ini kalau gue udah keringetan keringet gak kering, duh… basah.. basah.. basah.. untung aja gue gak BB!! Kalau panas, huru-hara menyerap panas, gue berasa diopen, ya sampe sekarang badan gue masih gosong-gosong. Pas SMP, kadang temen gue suka iseng jailin gue, kan yang namanya pake brace mana kerasa kalau ada yang megang. Tapi gue fine-fine aja. Ya lumayan buat candaan.. terus pas pake Brace ada bemper yang nahan dibagian rusuk atas, sama bawah. Itu fungsinya buat ngoreksi (Dokter Bilang), brace… dibuat tinggi sebelah punggungnya. Pas bikinnya dicetak. Saat itu di RSHS Bandung, tahun 2012 harga brace masih 3,5jt. Terus apalagi ya.. hm.. oiya, kalau kehujanan nih, gue ngerasa beruntung soalnya badan gue gak basah. Emang sih baju gue basah, dunia gue setelah pake brace kaya berubah 360 derajat. Gue yang dulu aktif tiba-tiba aja jadi pasif. Skoliosis renggut sebagian kebahagiaan gue saat itu, gue gak bisa lari, gue gak bisa jongkok, gue gak bisa lompat, gue gak bisa bergerak bebas. Tapi gue sadar, hidup bakalan terus berjalan. Kalau kita terus terpuruk, mungkin gue gak akan sebaik saat ini (meskipun semakin lama kondisi gue semakn buruk). Brace juga sedikitnya bikin punggung gue mati rasa. Karena udah biasa panas, sekarang udah gak ngefek, dicubit pun kadang gak kerasa sakit. Gue masih inget awal gue pake brace, pas upacara di SMP, gue nangis nahan panas, dan kesakitan. Hari demi hari gue laluin juga… pergantian tahun, yap.. 2013!! Happy new year my Huru-Hara!! Setaun gue bareng lo!! Lo selalu ikut kemana pun gue pergi. Gue udah mulai gak nyaman sama brace saat ini. Akhirnya gue check up ke RS, dan hasilnya gue harus ganti lagi brace. Bokap gue langsung nanya ke bagian Ortestik Protestik, berapa harga brace sekarang. Mereka jawab “5juta pak”. Secepat itu kenaikan harga. Akhirnya gue mutusin buat Rotgen ulang dulu, karena nanti itu buat ukuran letak koreksi brace baru. Tapi ternya kondisi spine gue makin buruk. Gue dan bokap konsultasi ke dokter yang nanganin Fisioterapi gue selama ini. Dan lagi… gue divonis operasi. Padahal gue udah tenang, pas tiga bulan pertama pemakaian brace, kondisi gue ada perbaikan. Oke segitu dulu cerita saat ini. Gue mau tidur dulu.. Gnight gaisss… I love my spine, MSI, bokap&nyokap, sama sahabat-sahabat gue. Lyall!! haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar